ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Abstract view : 27 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2 times


Abstract


Penelitian ini membahas tentang banyaknya siswa yang mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan jenis masalah siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis serta menganalisis faktor penyebabnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 4 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yang terdiri dari catatan lapangan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data disusun dengan rubrik analitik skala 4 dan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan dilengkapi kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bagaimana menyelesaikan soal barisan dan deret siswa paling banyak melakukan kesalahan kesimpulan.


DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.