PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PANTI KABUPATEN PASAMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract view : 42 times
PDF - 2 times


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa cenderung lupa dengan apa yang telah diajarkan sebelumnya. Guru belum sepenuhnya mengadakan pembelajaran remedial dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan hasil kuis matematika siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran remedial lebih baik daripada tanpa pembelajaran remedial pada siswa kelas VIII SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay dengan reliabilitasnya 0,73. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung =dan =1,67, dengan ?=0,05, karena thitung >  () maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran remedial lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan tanpa pembelajaran remedial di kelas VIII SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman.


Full Text:

PDF

References


Agus Soleh, I Made Candiasa, Ni Ketut Widiartini (2014). Pengaruh Pembelajaran Remedial Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar dengan Kovariabel Tingkat Kecemasan. Jurnal penelitian dan evaluasi.

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Walpole, Ronald E. (1992). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Silberman, Melvin gg L. (2007). Aktive Learning 101 cara belajar siswa aktif. Jakarta: Nusa Media.



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4107



Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.