PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PERILAKU METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Abstract view : 107 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 133 times

Abstract


Penelitian ini untuk mengeksplorasi perilaku metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share di SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) bagamana perilaku metakognitif siswa  laki-laki  dalam  memecahkan masalah  matematika? 2)  bagamana perilaku  metakognitif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika? Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN  1  Kecamatan  Situjuh  Limo  Nagari  tahun  akademik  2010/2011. Peneitian  ini  menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi dan mewawancarai siswa untuk mengukur perilaku metakognitif mereka dalam memecahkan masalah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1)beberapa perilaku metakogntif siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika adalah: mereka  telah  memiliki kepercayaan sebelum mengawali pemecahan masalah, mereka mampu untuk mendapatkan informasi dari beberapa item, mampu untuk menjalankan langkah-langkah dari pemecahan masalah, tapi mereka yang tidak   mempunyai   kemampuan   untuk   menyimpulkan  dalam   pemecahan   masalah;   mereka   tidak mempunyai  pengorganisasian diri  baik  dalam  memahami  masalah,  dan  dalam  mengevaluasi dalam memecahkan masalah; 2) Beberapa perilaku metakognitif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika adalah: mereka punya intuisi sebelum memulai memecahkan masalah matematika; Mereka mendapatkan informasi dari beberapa item, dapat menjalankan langkah-langkah dari pemecahan masalah, tapi mereka tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan dan menyimpulkan masalah; Mereka punya pengorganisasian diri baik di dalam memahami masalah, kepercayaan diri untuk mengevaluasi dalam memecahkan masalah



DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2014.v1i1.590


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA