Deskripsi Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Aljabar Linear Elementer

Abstract view : 88 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 86 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai yang rendah (C, D, E) pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer dengan persentase 32, 86 %. Rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami materi pada buku teks, tidak termotivasi untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan yang dimiliki mahasiswa dalam memahami buku teks yang digunakan pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui hasil wawancara kepada dosen pengampuh mata kuliah Aljabar Linier dan beberapa mahasiswa yang dipilih secara acak. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahasa buku teks yang digunakan belum komunikatif dan interaktif, sehingga untuk memahami suatu materi mahasiswa selalu menunggu penjelasan dari dosen sehingga peluang mahasiswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan mereka sangat kecil. Salah satu upaya membangkitkan motivasi belajar mahasiswa terutama dalam memahami materi secara mandiri adalah dengan memfasilitasi mahasiswa dengan bahan ajar pendukung berupa Lembar Kegiatan Mahaiswa (LKM) Berbasis penemuan Terbimbing. LKM  Berbasis penemuan Terbimbing merupakan bahan ajar yang dapat menuntun dan membimbing mahasiswa dalam memahami materi serta melatih pola pikir yang aktif dan kritis.

 

Kata Kunci : Aljabar Linier Elementer, LKM


References


Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nana, Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:

DIVA Press.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung; Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.812


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Lemma (e-ISSN:2460-1047 p-ISSN:2407-4527).


 

Total Kunjungan Jurnal LEMMA