DAMPAK SOSIAL EKONOMI OBJEK WISATA THE UNIQUE PARK WATERBOOM DI KOTA SAWAHLUNTO

Lisa Destaria, Fachrina Fachrina, Faishal Yasin

Abstract


Tourism development could improve people's lives, because of growth in employment, due to the opportunities new ventures. Government Sawahlunto is one area that also develop tourism for the economic growth of tourism is one of the locations Unique Park Waterboom. The purpose of this study was to describe how social and economic impacts once established waterboom Village Muaro Kalaban Silungkang District of Sawahlunto. This study used a qualitative approach and descriptive type. Data collected by observation, interview and document  analysis. In-depth interviews were conducted at several informants community representatives and community leaders such as village chief Muaro Kalaban, Head of Dusun Sawah tabang, traders around. The results showed that after the establishment of The Unique Park Waterboom Muaro Kalaban social and economic impacts. Its social effects are positive impacts and negative impacts. The negative impact is imitate how to dress, way of thinking and swim behavior, religious values of society. While the positive impact that increased education and relations of good interaction. The economic impact that arises is to create jobs for the people, rising incomes, the community initiative to build shophouses, increasing public facilities and infrastructure such as roads.


Pembangunan pariwisata daerah bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, karena pertumbuhan lapangan pekerjaan akibat adanya peluang usaha baru. Pemerintah Kota Sawahlunto merupakan salah satu daerah yang juga mengembangkan pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi salah satu lokasi wisatanya adalah The Unique Park Waterboom.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana dampak sosial ekonomi setelah adanya objek wisata waterboom di Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen.  Wawancara mendalam dilakukan pada beberapa informan yaitu perwakilan masyarakat dan tokoh –tokoh masyarakat seperti Kepala Desa Muaro Kalaban, Kepala Dusun Sawah Tabang, pedagang yang di sekitar objek wisata. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa setelah berdirinya objek wisata The Unique Park Waterboom Muaro Kalaban menimbulkan dampak sosial dan ekonomi. Dampak sosial yang ditimbulkan terbagi atas dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif yaitu meniru cara berpakaian dan prilaku berenang, nilai keagamaan masyarakat mulai luntur. Sedangkan dampak positif yaitu meningkatnya pendidikan dan terjalinnya hubungan interaksi yang baik. Dampak ekonomi yaitu terciptanya lapangan pekerjaan, meningkatnya pendapatan masyarakat, adanya inisiatif masyarakat untuk membangun ruko-ruko, dan meningkatnya sarana-prasarana umum.



Keywords


Tourism, Socio-Economic Impact, Tourism Development,

Full Text:

PDF

References


Alasca, Vandrio. 2012. “Pengaruh Objek Wisata Jembatan Akar Terhadap Perubahan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Puluik Puluik Kecamatan Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2002-2011.” STKIP PGRI Sumatera Barat.

Andriyani, Ismi, Etmi Hardi, and Liza Husnita. 2012. “Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Pasca Pengembangan Wisata Bahari Di Kepualuan Sikakap, Kabupaten Mentawai.” Jurnal Ilmu Sosial Mamangan 1(2):95–101.

Bakaruddin. 2011. Perkembangan Dan Permasalahan Kepariwisataan. Padang: UNP Press.

Budiman, Arif. 1995. Teori Pembangunan Dunia Ke Tiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Harun, Rochajat dan Elviharo Ardianto. 2011. Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Horton, Poul B. 2010. Sosiologi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Lauer, Robert. 1993. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2006. Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Pendit, Nyoman S. 2006. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Yogyakarta: PT Pradnya Paramita.

Pitana, I.Gede. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyu, Adji. 2007. Ekonomi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.22202/mamangan.1372

Article Metrics

Abstract view : 729 times
PDF - 223 times
asd

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Ilmu Sosial Mamangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ILMU SOSIAL MAMANGAN INDEXED BY :

              

 

 

 

Editorial Office :

Laboratorium Program Studi Pendidikan Sosiologi, STKIP PGRI Sumbar

Kampus I, STKIP PGRI Sumatera Barat

Jl. Gunung Pangilun, Padang, Sumatera Barat

Telp. (0751) 7053731, Fax. (0751) 7053826

Email: redaksimamangan@gmail.com 

 

Jurnal Mamangan Visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmu Sosial Mamangan distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.