PERAN DOSEN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA

DEVI SYUKRI AZHARI

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan karakter dewasa ini merupakan suatu yang menjadi harga mati bagi pembentukan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. Salah satu unsur penting dalam pendidikan karakter mahasiswa di perguruan tinggi adalah dosen. Dosen memiliki  peran penting dalam pendidikan karakter di perguruan tinggi. Dalam melaksanakan tugas utama Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan pengajaran, penelitian, dan  pengabdian kepada masyarakat, seorang dosen melakukan proses internalisasi nilai-nilai luhur yang kemudian menjadi budaya kampus. Dosen menjadi aktor utama dalam pembentukan dan pengembangan karakter para  dengan keteladanan. Sebelum mendidik karakter para mahasiswa, seorang dosen paling tidak memiliki karakter yang sesuai dengan tugas utama seorang dosen. Selain itu, peran dosen yang amat penting  tidak dilupakan adalah mendidik, mengajar, melatih, membimbing, dan mengevaluasi.

Kata kunci: Peran dosen, pendidikan karakter, Tri Dharma Perguruan Tinggi kerja.

ABSTRACT

Character building education today is non-negotiable for the character building of students in college. One important element in the character education of students in college is lecturers. Lecturers have an  important role in character education in college. In carrying out the main task of the Tri Dharma University, which is doing the teaching, research, and community service, a lecturer does a process of internalization of the noble values which later become the campus culture. Lecturers are the main actors in the formation and  development of the students’ character with exemplary. Before educating the students’ character, a lecturer at  least has the character corresponding to the main task of a teacher. In addition, a very important role of which is not overlooked is to educate, teach, train, guide, and evaluate.

 


 


Keywords


Lecturer’s role, character building education, Tri Dharma University

Full Text:

PDF

References


Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis, Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa Yogyakarta:

Kanisius Kartadinata, S. (2009). Terapi dan Pemulihan Pendidikan Bandung: UPI. Lickona, T. (2012). Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara Sadulloh, U., dkk. 2010. Pedagogic (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfebata Santoso, D. (20 Mei 2011).

Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Diakses 2 September 2013 dari http://suaraguru.wordpress.com/2011/05/20/pe

pendidikan-karakter-di-perguruan-tinggi/

Sugianto, E. (n. d.). Perbedaan Mendidik dan Mengajar. Diakses 2 September 2013 dari http://www.naqsdna.com/perbedaan-mendidik-dan-mengajargg.html

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wijanarko, J. (2005). Mendidik Anak: Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zahir, A. (11 September 2011) Pengertian Pendidikan, Mendidik, Pembelajaran, & Mengajar. Diakses 2 September 2013 dari http://hepimakassar.wordpress.com/tag/mengajar/ Zamroni. (23 Mei 2011). Strategi dan Model Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Makalah pada Seminar Pendidikan Karakter di Sekolah di Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Portal Garuda Google Scholars 
Published by STKIP PGRI Sumatera Barat