ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMK

Fajar Sukma Harsa

Abstract


Suatu kondisi belajar yang optimal akan dapat tercapai jika guru mampu mengatur anak didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Efektifitas pengelolaan pembelajaran oleh guru dapat dilihat dari berbagai segi, misalnya dalam hal menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, serta menilai prestasi belajar. Guru matematika memiliki peran utama dalam pengelolaan pembelajaran matematika. Idealnya, seorang guru harus memperhatikan aspek-aspek pengelolaan pembelajaran matematika yang tercakup dalam perencanaaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ar-Rahman Medan Subjek penelitian adalah Siswa/i Kelas X SMK Ar-Rahman sebanyak 29 orang dan guru mata pelajaran matematika. Data Penelitian meliputi Informan yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui Lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran dan Angket Responsif siswa kegiatan pembelajaran. Secara keseluruhan, pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik, sebab dari 16 aspek yang dinilai hanya dua aspek saja yang tidak terpenuhi. Respon siswa terhadap pembelajaran dan perangkat menunjukkan respon positif. Pertanyaan  (1), (3), dan (5),respon positif  melebihi 70% yang menunjukkan minat dan semangat belajar siswa yang cukup tinggi. Hal tersebut menjadi penguatan bahwa pengelolaan pembelajaran yang baik oleh guru akan berdampak baik bagi siswa.


Keywords


management of learning mathematics, student’s responses

Full Text:

PDF

References


Balqis, Putri dkk. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol 2, No.1. pp 25-38

Harun, C. Z. (2010). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta : Pena Persada Hamalik, Omar. (2005). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press IKIP Malang.

Karso, dkk. (2006). Pendidikan Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka

Lestari, Sang Ayu. (2011). Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pengalaman Mengajar, Beban Kerja Dan Kesejahteraan guru SMP Negeri di Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan UNDIKHSA, Vol 2, No.2 .

Novianti, Fety. (2013). Hubungan Efektifitas Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri I Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 11, No. 2, Desember 2013

Shadiq, Fajar. (2012). Pembelajaran Matematika : Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sidi, Indra Djati. (2001). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Paramadina

Sutama. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Delta Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, Vol. 1, No.1, Januari 2013

Sutama. (2011). Pengelolaan Pembelajaran Matematika, Berbasis Aptitude Treatment Interaction. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sutama. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Portal Garuda Google Scholars 
Published by STKIP PGRI Sumatera Barat