PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MAN MODEL KOTA JAMBI

fitriyah fitriyah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IIS MAN Model Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah kelas XI IIS yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 182 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS.3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Matriks.

 

Kata kunci: hasil belajar, discovery learning, matematika


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Portal Garuda Google Scholars 
Published by STKIP PGRI Sumatera Barat