PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

mufarizuddin mufarizuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 016 Bangkinang  yang berjumlah 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar  siswa diperoleh 46.9%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 68.8% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang siswa. Hasil belajar  siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90.6% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 29 orang siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Portal Garuda Google Scholars 
Published by STKIP PGRI Sumatera Barat