WILAYAH PELAYANAN PASAR MUARALABUH SEBELUM DAN SESUDAH DIPINDAHKAN LOKASI PASAR DI KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Widia Putri Yeni

Abstract


Perubahan pemindahan pasar Muaralabuh pada dasarnya perubahan lokasi pasar dilakukan merupakan sebuah rangkaian dari proses sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, mengolah, menganalisis dan membahas tentang Wilayah Pelayanan Pasar Muaralabuh Sebelum dan Sesudah Di pindahkan di Kecamatan Sungai Pagu dilihat dari: 1) wilayah pelayanan, 2) tingkat pendapatan, 3)sarana dan prasaranan. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berada di sekitar pasar yang terdiri dari dua jorong, yaitu jorong Kampung Palak dan jorong Rawang, pedagang/penjual, pembeli, tukang kebersihan, tukang ojek,dan benjual jasa. Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling yaitu mengambil sampel secara acak dengan proporsi 20% sehingga jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 159 KK.Sampel responden adalah kepala keluarga yang terdapat di Kecamatan Sungai pagu Kabupaten Solok Selatan yang mempunyai aktivitas langsung dan tidak langsung dengan kegiatan pasar di Kecamatan Sungai Pagu. Hasil penelitian menemukan: 1) Wilayah pelayanan pasar sebelum dan sesudah dipindahkan  di Kecamatan Sungai Pagu pada umumnya baik, 2) Tingkat pendapatan masyarakat dilihat dari pendapatan dan pengeluaran selama satu bulan sebelum dipindahkan pasar kurang baik(Rp,600.000-1.000.000 , sedangkan sesudah dipindahkan pasar pada umumnya baik (≥ 2.000.000,00, 3) Sarana dan Prasarana sebelum dan sesudah dipindahkan pasar Muaralabuh di Kecamatan Sungai Pagu dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana pada umumnya lengkap.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Damsar. 2005. Sosiologi Pasar. Padang: Laboratorium Sosiologi FISIP Unand.

Deliarnov. 1995. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elvia. 2012. Perubahan Sosial Ekomoni Masyarakat Sesudah Pengembangan Objek Wisata Pembandian Lembah Segar Jorong Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.Skripsi. Padang: STKIP PGRI.

Mela. 2013. Kondisi Sosial Ekomoni Dan Lingkungan Masyarakat Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Pasar Di Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. SkripsI. Padang: STKIP PGRI.

Novia. 2012. Perubahan Sosial Ekomoni MasyarakatSesudahPengembangan Objek Wisata Pembandian Lembah Segar Jorong Siguhung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.Skripsi. Padang: STKIP PGRI.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Tika,Pabundu. 2005. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22202/jsl.2016.v%25.i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

Hasil gambar untuk google scholarPortal Garuda  DOI