UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN TES KECIL PADA AKHIR PELAJARAN DI SMPN 5 KOTA SOLOK

Abstract view : 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2 times

Abstract


 

Education is a place to educate the life of the nation, because education is created by educated human resources, who are able to face the development of an increasingly advanced era. So from that learning activities must be improved again. The problem that often arises in the world of education is the low student learning outcomes, which is one reason is the lack of motivation of students to learn. Various ways are done to improve student activity in learning, one of which is by giving feedback in the form of tests after each lesson that is notified before the lesson given. In accordance with the analysis of research observation data carried out in class VIII B of SMP Negeri 5 Solok, it turns out that by giving a small test can increase student activity in learning. With the notification of the implementation of small tests at the end of each learning process that makes students motivated so that their learning activities increase.

Keywords: Learning, Student Activities, Small Tests

 


Pendidikan merupakan wadah mencerdaskan kehidupan bangsa, sebab pendidikan tercipta sumber daya manusia yang terdidik, yang mampu menghadapi perkembangan zaman semakin maju. Maka dari itu kegiatan pembelajaran harus terus ditingkatkan lagi. Masalah yang sering timbul dalam dunia pendidikan adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, salah satunya dengan pemberian umpan balik berupa tes setiap sesudah pembelajaran yang diberitahukan sebelum pelajaran yang diberikan. Sesuai dengan analisis data observasi penelitian yang dilakukan pada kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Solok, ternyata dengan pemberian tes kecil dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Dengan adanya pemberitahuan tentang pelaksanaan tes kecil pada setiap akhir proses pembelajaran yang membuat siswa termotivasi sehingga aktivitasnya dalam belajar meningkat.

Kata Kunci: Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Tes Kecil


References


_________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

A.M. Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Ahmadi, Abu. 1999. Teknik Belajar yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1986. Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Davies, K. I. 2000. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV. Rajawali

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kurikulum Pendidikan Dasar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Teknik Pelaksanaan Class Room Action Research. Jakarta.

Halic, H. Malik Umar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara

KTPS. 2007. Untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah Edisi Lengkap. Jakarta: PT. Bimatam Raya.

Lie, Anita. 2002. Cooperatife Learning. Mempraktekkan cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maryunis, Alex. 1998. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pemecahan Masalah. Padang: LKGI/BPG (Makalah)

Natawijaya, Rahman. 1977. Konsep Dasar Penelitian Tindakan. Bandung: IKIP Bandung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar dan Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1991. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugert, Kurt. 1999. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Karya

Sukardi, 2006. Guru Powerfull : Guru Masa Depan. Bandung: Kalbu.

Usman, Moh Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran Yogyakarta. FKIP Universitas Sanata Darma.




DOI: https://doi.org/10.22202/jsl.2018.v%25.i2.3034


Refbacks

  • There are currently no refbacks.