Students' Inconsistency Problems in Pronouncing Diphthong Sounds in Reading Aloud Activity at English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract view : 16 times
PDF - 4 times

Abstract


Ketidakkonsistenan dalam melafalkan bunyi rangkap vokal adalah suatu permasalahan yang sering kali ditemukan pada pelajar dalam melafalkan suatu bunyi huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang ketidakkonsistenan bunyi rangkap vokal yang dilafalkan oleh mahasiswa dalam aktifitas membaca dengan suara lantang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua program  studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 9 mahasiswa yang mendapatkan nilai standar hingga minimum dalam mata kuliah pronunciation dari sesi yang berbeda berdasarkan kebutuhan penelitian yang memiliki masalah dalam pelafalan bunyi pada aktifitas membaca dengan lantang yang dilihat pada ketidakkonsistenan melafalkan rangkap vokal. Data dikumpulkan dengan melakukan pengamatan melalui instrumen pendukung penelitian yaitu tes dan rekaman video. Test adalah instrumen yang diberikan kepada sampel dengan bentuk teks untuk dibaca dengan suara lantang yang mengandung bunyi vokal rangkap dalam pengamatan pronunciation, serta rekaman video sebagai instrumen perekam yang bertujuan untuk menganalisa bunyi rangkap vokal yang tidakkonsisten yang dilafalkan mahasiswa dalam aktifitas membaca dengan suara lantang. Hasil dari analisa penelitian ini, terdapat 5 buah bunyi yang tidak konsisten dalam pelafalannya, yaitu bunyi. [ɪə], [eɪ], [aɪ], dan [ɔʊ].


Keywords


Diphthhong, Inconsistency, Reading Aloud

Full Text:

PDF

References


Ary, Donald, Lucy Cheser Jacob, and Christine K. Sorensen. 2010. Introduction to Research in Education. Canada: Nelson, Ltd.

Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, and Peter W. Airasian. 2012. Educational Research: competencies for analysis and applications. New York: Pearson Education, Inc.

Gilakjani, A.P. 2012. The Significance of Pronunciation in English Language Teaching. English Language Teaching.

Harmer, J. 2007. How to teach English 2nd edn. Pearson Education Ltd. Longman, ISBN1405853093, 9781405853095.

Hassan, E. M. I. 2014. Pronunciation Problems : A Case Study of English Language Students at Sudan University of Science and Technology, 4(4), 31–44. https://doi.org/10.5539/ells.v4n4p31.

Kelly, Gerrald. 2000. How to Teach Pronunciation. Edinburgh: Pearson Education Limited.

Ladefoged, Peter. 2005. Vowels and consonants. Oxford: Blackwell Publishing.

Layli, N. Awalul. 2016. THESIS: Improving Student’s Pronunciation by Using Reading Aloud Technique at the Seventh Grade of SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Jawa Timur: IAIN of Tulungagung.

Ramelan. 2003. English Phonetics. Semarang: IKIP Semarang Press.

Roach, P. 2000. English Phonetics and Phonology: A practical course Cambridge: Cambridge University Press.

Waridah, Ernawati. (2008). EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawah Media.




DOI: https://doi.org/10.22202/tus.2018.v4i2.2800


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
TELL-US Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License